Kisah Alumni Pascasarjana Haryudin Rela Berkelana Demi Gelar
NIDC -- Semangatnya dalam melanjutkan pendidikan, berbuah hasil manis bagi Alumni Nobel Indonesia Institute, Haryudin, S.E., S.H., M.M. Ayah tiga anak itu, berhasil merengkuh gelar Magister Manajemen pada periode Agustus 2024.
Manisnya lagi, pria yang berprofesi sebagai abdi negara tersebut diganjar penghargaan sebagai Alumni Pengusaha terbaik 'Nobel Entrereneurship Award' kategori Alumni Pengusaha Pascasarjana. Haryudin bercerita, akhir pekan yang biasanya diisi dengan menikmati waktu bersama keluarga, kerap ia korbankan demi menuntut ilmu.
"Waktu kuliah itu hari sabtu dan minggu, Jarak tempuh rumah dan kampus kurang lebih 200 km (Sidrap - Makassar), berangkat subuh dan tiba di kampus tepat waktu," kenang Haryudin.
Meski begitu, ia bersyukur dengan semua. Sebab, pihak kampus juga memberikan alternatif lain untuk kuliah dengan sistem daring. Sehingga, antusiasme menerima mata kuliah dari Dosen bisa ia lakukan dimana saja. "Paling berkesan kalau kuliah Daring/Online, bisa ikut kuliah saat bawa mobil, saat berada di rumah kebun, dan bisa di mana saja", terangnya.
Menuju tahap tesis, ia harus bergulat dengan pekerjaannya di kantor. Tak ayal, pemilik bisnis Apotek Tiga Putra itu melanjutkan, rela imsomnia berkali-kali demi menuntaskan segala perbaikan yang diberikan oleh para penguji hingga pembimbingnya.
"Kesibukan pekerjaan di kantor sambil kerjakan tesis suatu tantangan tersendiri, sampai kemudian begadang, kurang tidur, sudah selesai, kemudian ada perbaikan, di print lagi sampai menggunakan kertas kurang lebih 4 rim, namun tetap semangat," kata Haryudin.
Tuah kerja kerasnya berbuah hasil. Bahkan lebih spesialnya, Wisuda yang ia jalani ditemani sang istri tercinta yang kebetulan sama-sama menuntus ilmu dikampus yang sama.
Kini, dirinya kembali mengabdi sebagai pelayan masyarakat dan fokus menjalankan bisnis apotek di wilayah Sidrap. Bisnis yang ia bina mulai medio 2012 telah menjamur ke beberapa wilayah ruas kota.
Seiring berjalannya waktu, revitalisasi juga menjadi atensi khusus, sehingga penambahan fasilitas dibarengi dengan apoteker yang berpengalaman menjadi nilai plus buat pelanggan. "Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama," tandasnya.